TINGKATKAN PELAYANAN, SATPAS SIM BANYUWANGI LUNCURKAN APLIKASI SIM BAPER

By ADMIN 14 Okt 2020, 01:02:21 WIB Pelayanan
TINGKATKAN PELAYANAN, SATPAS SIM BANYUWANGI LUNCURKAN APLIKASI SIM BAPER

Keterangan Gambar : SIM BAPER SATPAS PROTOTYPE POLRESTA BANYUWANGI


SATPAS BANYUWANGI - Guna meningkatkan pelayanan publik, Satpas SIM Polresta Banyuwangi meluncurkan pendaftaran SIM secara online. Terobosan kreatif ini dimaksudkan untuk mempermudah para pemohon SIM untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu tanpa harus mengantri.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi, Kompol Kadek Ary M., S.H., S.I.K., menuturkan inovasi ini merupakan wujud keseriusan jajaran Satlantas Polresta Banyuwangi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan publik.

“Masyarakat pemohon SIM, baik baru, perpanjangan, alih golongan maupun  penggantian SIM hilang atau rusak bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi SIM BAPER yang sudah tersedia dan bisa didownload di website satlantasbanyuwangi.com. Jadi tidak perlu mengantri. Pemohon tinggal menunjukkan bukti registrasi dan menyerahkan kepada petugas.” Jelas Kompol Kadek Ary

Baca Lainnya :

Kompol Kadek Ary menegaskan selain untuk mengurangi jumlah antrian mengingat masih dalam masa pendemi Covid-19, pemohon juga bisa memilih hari dan tanggal menyesuaikan dengan kesibukan masing-masing terkecuali pada hari libur pelayanan.

“Ada prioritas bagi pemohon yang mendaftar secara online” Imbuhnya.

Dari pengamatan tim redaksi saat mencoba pendaftaran SIM BAPER tersebut, aplikasi dibuat sangat sederhana sehingga tidak berat pemohon ketika membuka. Ditampilan depan terdapat empat menu utama yakni mekanisme dan video pelayan, pendaftaran SIM online, Pelatihan uji teori dan survei kepuasan masyarakat.

Pada bagian menu mekanisme dan video pelayan, terpampang informasi terkait dengan persyaratan pendaftaran, perpanjangan SIM, pengalihan golongan SIM, perubahan Data Pengemudi, penggantian SIM karena rusak atau hilang hingga jenis dan tarif PNBP SIM. serta juga terdapat video proses pelayanan di Satpas Prototype Polresta Banyuwangi

Untuk pendaftaran SIM online itu sendiri cukup mudah, pemohon tinggal mengisi data yang ada diantaranya tanggal kedatangan, jenis permohonan SIM, No SIM, golongan SIM, NIK, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, tinggi badan, golongan darah, pekerjaan, alamat lengkap, pendidikan terakhir, berkacamata atau tidak, cacat fisik bila ada, no telepon dan email.

Setelah mengisi lengkap, pemohon tinggal klik simpan pada bagian bawah dan akan mendapat halaman baru berupa bukti registrasi SIM online Polresta Banyuwangi. Lembar regitrasi ini kemudian ditunjukan kepada petugas sesuai dengan tanggal kedatangan.

Kemudian pada bagian Latihan Uji Teori, masyarakat bisa melakukan latihan uji teori bagi pemohon sim yang akan membuat sim baru dengan cara meng-klik pilihan website yang sudah disediakan. pada web tersebut akan diberikan pelatihan uji teori sebanyak 30 soal dengan pilihan "Benar" atau "Salah".

Dan pada menu Survei kepuasan masyarakat diharapkan masyarakat memberikan penilain secara obyektif terkait pelayanan Satpas Sim Polresta Banyuwangi untuk bisa memberikan perubahan positif terkait pelayanan kepada masyarakat khususnya pada pelayanan kepada pemohon sim.(dd)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment